Tata Cara Penulisan Tugas Akhir/Skripsi

Standard

 

Bab I

 

1.1 Latar Belakang

Latar belakang berisi perumusan masalah, keaslian penelitian, dan manfaat hasil penelitian.

 

1.2 Perumusan Masalah

  • Perumusan masalah menjelaskan masalah yang akan diteliti dan alasan yang melatarbelakangi penelitian.
  • Sebagai sebuah karya ilmiah, tujuan penulisan tugas akhir adalah mengkomunikasikan temuan-temuan ilmiah baru kepada masyarakat ilmiah.  Dengan kata lain, perumusan masalah menjelaskan alasan bahwa masalah yang dikemukakan dalam penelitian dipandang menarik dan penting sehingga perlu diteliti.

 

1.3 Batasan Masalah

  • Bertujuan agar pembahasan tidak melebar di luar topik.
  • Batasan masalah menjelaskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan sesuai dengan arah.
  • Bisa juga berupa pokok tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.

 

1.3 Tujuan

  • Tujuan penelitian berisi penjelasan tentang tujuan yang “spesifik” atau target yang ingin dicapai.
  • Di dalam tujuan penelitian, tidak perlu ada informasi yang menyatakan bahwa penelitian ditujukan untuk memperoleh gelar ataupun manfaat untuk pribadi.
  • Pengertian “spesifik” diimplementasikan dengan menggunakan ungkapan-ungkapan yang jelas, akurat, dan tidak menimbulkan kesalahan interpretasi. Ungkapan yang jelas dapat mencegah pembaca untuk bertanya lebih lanjut tentang maksud atau makna dari ungkapan tersebut.

 

Contoh berikut memberikan gambaran tentang ungkapan tujuan penelitian yang belum sempurna:

 

“Penelitian ini bertujuan mengamati pengaruh komputerisasi dalam bidang akademik di Universitas X”

 

Ungkapan tersebut kurang tajam, karena pembaca masih dapat bertanya tentang beberapa hal seperti:

  • Aspek yang dipengaruhi (misalnya, efisiensi kerja pegawai, produktivitas unit kerja, atau pencapaian tujuan institusi)
  • Maksud kata “komputerisasi” (apakah pengadaan komputer, digitalisasi dokumen, automasi proses, atau pengembangan sistem informasi)

 

Seharusnya:

 

“Penelitian ini bertujuan mengamati pengaruh penerapan sistem informasi akademis dalam produktivitas akademis dosen dan mahasiswa di Universitas X”.

 

Secara prinsip tugas akhir diploma manajemen informatika adalah bentuk pengembangan suatu perangkat lunak manajemen atau sistem informasi, meskipun ada materi yang lain yang pernah dipelajari dalam mata kuliah.

 

Dalam konteks ini tujuan pengembangan harus dijelaskan untuk menunjukkan bahwa pengembangan perangkat lunak manajemen atau sistem informasi seperti itu memang sangat perlu untuk diimplementasikan.

 

1.3 Manfaat

  • Manfaat penelitian berisi penjelasan tentang manfaat yang diperoleh setelah penelitian berhasil dilakukan.
  • Tidak perlu ada informasi yang menyatakan bahwa penelitian ditujukan untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md), Sarjana (S.Kom), ataupun manfaat untuk pribadi.

 

 

 

Bab II

 

Landasan Teori

 

  • Landasan teori mencakup teori-teori yang dipakai oleh mahasiswa sebagai arahan dalam memecahkan masalah yang diteliti.
  • Dalam hal ini, landasan teori dapat berupa suatu uraian yang bersifat kualitatif, suatu model matematis, ataupun bentuk-bentuk representatif yang lain.
  • Landasan teori akan lebih meyakinkan (dapat memberikan kesan bahwa penelitian dilakukan atas dasar teoritis yang kuat) bila dirangkai menurut sebuah alur logika yang baik.

 

 

Bab III

Metode/Cara Penelitian

 

Cara Penelitian memuat beberapa hal: bahan penelitian, alat, dan jalan penelitian.

 

a. Bahan Penelitian berisi bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan penelitian. Secara konkrit bahan penelitian berupa entitas yang menjadi obyek yang diolah dan/atau diberi perlakuan-perlakuan tertentu.

Pengolahan atau pemberian perlakuan tersebut menghasilkan fenomena-fenomena yang dapat diamati, yang selanjutnya digunakan sebagai bahan kajian dalam penelitian (misalnya berupa data hasil pengamatan). Sama seperti bidang-bidang lain, penelitian dalam bidang teknologi informasi juga memerlukan bahan. Banyak penelitian, terutama dalam bidang

Leave a comment